Langsung ke konten utama

Modus SMS Penipuan dan Sedot Pulsa dari Content Provider

Saat ini kasus content provider nakal yang sering menyedot pulsa sedang ramai dibahas, ada beberapa anggapan bahwa content provider jika jujur maka akan sulit dapat uang, adanya celah dari operator pun kian mempermudah penetrasi para content provider nakal yang ingin mencuri pulsa para pelanggan. saya sendiri sudah berkali kali menjadi korban sedot pulsa dari CP (content provider nakal) yang menyamar dengan menggunakan 4 digit nomor. biasanya isinya berupa gosip selebritis dan lain sebagainya, Umumnya saat kita tidak bisa melakukan unreg pada layanan content provider tersebut. Pesan layanan singkat premium ini menggunakan nomor 4 digit, misalnya 3433, 9799, dan lain-lain. Untuk sms premium, harus bekerja sama dengan operator.

Hal itu bisa terjadi apabila konten sms premium disetel guna memaksa pengguna telepon untuk melakukan registrasi. Harusnya disetel ”reg on”, ”daftar” jika ingin mendaftar, atau petunjuk lain dengan isi yang sesuai tujuan. bagaimana modus SMS penipuan sedot pulsa tersebut?
Cara atau modus yang dilakukan pun beragam, mulai dari mengirim pesan singkat melalui nomor biasa atau melalui jasa pelayanan SMS premium atau konten. modus penipuan yang mampu menyedot pulsa korban itu dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat melalui nomor GSM atau CDMA secara acak. Isi pesan singkat itu biasanya bertuliskan pengumuman pemenang dengan hadiah tertentu.
"Tetapi, untuk dapat hadiah itu dia harus klik misalnya *123 dan seterusnya. Kalau dia klik itu, korban pasti kaget pulsanya tiba-tiba berkurang banyak," ucap Hermawan. kode angka yang harus diarahkan pelaku untuk diklik para korban sebenarnya adalah kode dari masing-masing operator untuk transfer pulsa ke nomor pelaku dengan nilai nominal pulsa yang juga sudah dimasukkan ke dalam kode itu.
"Jadi, kode itu benar memang ada, tapi untuk transfer pulsa. Korban biasanya gak sadar karena dibilangnya menang hadiah," kata Hermawan. Cara lain yang dilakukan dalam menyedot pulsa, diakui Hermawan, adalah dengan berlangganan konten atau SMS dengan tarif premium seperti kuis atau konten games. Dengan cara ini, para pengusaha konten terus-menerus mengirimkan pesan singkat yang menyedot pulsa.
"Misalnya kuis. Dia terus-menerus dikirimi soal, awalnya dia balas dengan jawaban, tapi kelamaan bosen enggak menang-menang sementara pulsa terus kesedot karena dikirimin konten terus," tuturnya.
Bahkan, masyarakat yang hendak membatalkan langganan konten dengan mengirimkan pesan singkat Unreg justru menemui kegagalan. "Tetapi apakah ini bisa dipidanakan, masih kami dalami. Namun, menurut kami, selama ada laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan oleh SMS konten ini bisa kami tindaklanjuti," ungkap Hermawan.
Dia mengatakan, dua modus itu yang selama ini terdeteksi aparat Cyber Crime Polda Metro Jaya yang marak terjadi dalam penipuan pesan singkat. Dia membantah adanya modus penipuan pesan singkat yang mampu menyedot pulsa secara berlebihan hanya dengan membalas pesan singkat seperti "tolong uangnya ditransfer ke nomor ... " yang dikirim dari nomor GSM atau pun CDMA.
"Walaupun SMS itu maksudnya nipu, tapi kalau kita balas itu nggak mungkin sedot pulsa. Kesedot hanya biaya sms balasannya saja," katanya.
Sebagaimana diberitakan, Cyber Crime Direktorat Reserse Polda Metro Jaya menemukan 1.800 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas I Tanjung Gusta, Sumatera Utara, menjadi otak kasus penipuan pesan singkat dan telepon di berbagai daerah. Sebanyak enam orang di antaranya menjadi tersangka dalam kasus yang ditangani Polda Metro Jaya, sementara ada pula yang menjadi buruan FBI. Para napi itu menyelundupkan ponsel ke dalam sel melalui roti, telur, hingga lipatan baju. Para napi ini diduga melibatkan orang luar dalam memperdaya korbannya.
Via : Kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu 'Tweetdeck'?


Mungkin,para pembaca blog ini sudah tahu apa itu TweetDeck, nah bagi yang belum tahu lihat aja di bawah ini :)

TweetDeck


TweetDeck adalah sebuah aplikasi desktop yang dibuat dengan teknologi Adobe AIR. TweetDeck sendiri berguna untuk mengakses beberapa akun jejaring sosial seperti Twitter,Facebook,Google Buzz,Linkedln,My Space,Foursquare . TweetDeck kompatibel jika dijalankan di Windows, Linux, Mac OS, IPad, IPhone, dan Chrome . 


Nah, mau tahu fitur- fitur TweetDeck ? Liat aja dibawah ini

Tweetdeck group & Recomended user listTweetDeck Group & Recomended User List adalah sebuah aplikasi daftar pengguna twitter yang tertintegrasi. Daftar pengguna Twitter bisa ditampilkan dalam kolom khusus TweetDeck. Berfungsi memudahkan pengguna baru untuk menggunakan Twitter dan mem-follow siapapun yang pengguna inginkan. Kegunaan lainnya, bagi pengguna yang ingin mencari tweet dari orang-orang tertentu sesuai dengan topik atau pilihan mereka tanpa perlu repot mencarinya satu persat HastagsRe…

Samsung Galaxy S III ?

Apple baru saja meluncurkan iPhone 4S, yang di hari pertama penawarannya (pre-sale) telah dipesan oleh lebih dari satu juta pembeli. Persaingan pun akan semakin seru, karena Samsung dengan Google juga siap meluncurkan Nexus Prime.
Tapi di saat mata dunia tertuju kepada iPhone 4S dan Nexus Prime, Samsung menyiapkan kejutan. Sebuah bocoran mengungkapsmartphone terbaru Samsung, dengan sejumlah spesifikasi yang terbilang wah: Samsung Galaxy S III.
Seperti dikutip dari laman TechRadar, bocoran mengenai Samsung Galaxy S III ini pertama kali diungkap sebuah foto yang ada diPhandroid.com. Dalam foto yang diambil dari presentasi internal tertutup Samsung (terlihat dari tulisan "Private internal presentation"), terlihat juga sejumlah spesifikasi Samsung Galaxy S III.Spesifikasi itu antara lain, Samsung Galaxy S III akan dilengkapi dengan prosesor 1,8GHz dengan 2GB RAM. Kualitas kamera pun ditingkatkan, dengan 12 MP.
Selain itu, presentasi itu menyebut layar di Samsung Galaxy S…